Murid Pintar Perkalian dalam 2 Pertemuan dengan "Bus Perkalian"

Matematika harus diajarkan secara menyenangkan agar siswa semenjak dini terbiasa suka dengan pelajaran ini. Salah satu caranya adalah dengan menciptakan media yang menarik bagi mereka.

Untuk mengajarkan perkalian, saya mencoba secara kreatif membuat bus perkalian dari bahan-bahan bekas. Saya juga membuatkan LK agar siswa-siswi bisa membuatnya sendiri. 

Media ini saya buat setelah memperhatikan bahwa siswa-siswi di kelas kami suka bermain mobil-mobilan dan sejenisnya.

Media ini dibuat agar konsep matematis perkalian lebih mudah dipahami oleh siswa kelas dua yang saya ajar, dan memudahkan mereka menjawab pertanyaan terkait perkalian. 

Alat dan Bahan :

  1. Kardus minuman gelas yang kecil / kardus teh gelas 1 buah
  2. Gunting dan cutter kecil
  3. Jarum
  4. Botol air mineral sedang 5 buah (tergantung tingkat perkaliaannya)
  5. Kertas kado yang polos 1 buah
  6. Lem kertas
  7. Plaster (isolasi/lakban)
  8. Beberapa potongan-potongan kardus 

Bus Perkalian


Cara Membuat :

  1. Belah dua kardus mengikuti plester kardus (jangan ada bagian kardus yang dibuang), bagian kardus yang terbuka dijadikan bagian bawa busnya
  2. Buatlah beberapa lubang di atas kardus (bagian atas bus). Diamater lubang disesuaikan dengan ukuran tutup botol. Jarak antar lubang sekitar 4 cm.Lubangi kardus tersebut yang dijadikan bagian atas busnya. Caranya dengan mengikuti ukuran penutup botolnya dengan jarak sekitar 4 cm dari lubang berikutnya
  3. Plaster ujung kardus pertama yang terbuka yang akan dijadikn bagian belakang bus
  4. Pada ujung kardus kedua, bentuklah menjadi seperti kepala mobilnya dengan menambahkan beberapa potong kardus kecil,  bisa dilem atau diplaster
  5. Setelah  berbentuk bus (catatan: bagian bawah busnya tidak memakai penutup), kemudian dibungkus bus tersebut dengan kertas kado
  6. Rapikan dengan lem
  7. Buatlah bannya dari potongan kardus yang sudah dibungkus dengan kertas kado tempelkan ban busnya sebanyak 4 buah
  8. Pada bagian atas bus, tusuk dengan jarum mengikuti pola lubang kardus tadi
  9. Lubangi kertas kado sesuai lubang kardus dengan mengikuti lubang-lubang jarum tersebut
  10. Setelah semuanya terlubangi, selanjutnya buka semua penutup botolnya
  11. Gunting bagian bawa botolnya 
  12. Masukkan botol-botol tersebut ke setiap lubang pada kardus yang berbentuk bus dengan bagian mulut botol berada di bawah  (jangan lupa buka penutup botolnya) 
  13. Selesai...  Jadilah bus perkaliannya.


Cara Penggunaan :

Contoh:  4 x 2 =  ....

Sediakan beberapa batu yang ukurannya kecil,  yang penting bisa melewati mulut botol. Angka "4" menunjukkan banyaknya botol yang harus diisi dengan batu sedangkan angka "2" menunjukkan setiap botol diisi dengan 2 biji batu. Setelah ke-4 botol tersebut diisi batu,  angkat busnya dan hitunglah berapa jumlah batunya yang sudah dimasukkan.

Media ini bisa digunakan kapan saja saat ada kegiatan perkalian, baik di dalam pembelajaran atau saat mereka bermain sendiri di luar pembelajaran. Media ini membuat siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Mereka sangat antusias belajar matematika, materi yang biasanya dianggap sulit menjadi mudah dan menarik karena diajarkan dengan  bermain bersama-sama. Siswa yang biasanya diam, menjadi tertantang termasuk dalam menjawab pertanyaan temannya. Permainan bisa dilakukan secara berpasangan, atau antar kelompok. 

Karena media dibuat secara berkelompok, siswa juga terbangun ketrampilan dan kerjasamanya semenjak dini. Mereka juga diajarkan untuk dapat lebih kreatif memanfaatkan barang bekas yang ada sebagai media pembelajaran.  

Demikian informasi yang kami sampaikan yang kami lansir dari www.prioritaspendidikan.org . Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.metromilenia.com. Kami akan selalu memberikan berita terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang diperoleh dari berbagai sumber yang terpercaya. 

Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. Untuk info terbaru lainnya silakan kunjungi laman DISINI..!

Mohon Dishare agar semua rekan - rekan kita tahu

Baca juga informasi terkait di bawah yang juga sangat menarik

0 Response to "Murid Pintar Perkalian dalam 2 Pertemuan dengan "Bus Perkalian""

Post a Comment