CAHASI (Catatan Harian Siswa): Cara Efektif Dan Jitu Tingkatkan Kemampuan Menulis Siswa

Umumnya siswa kelas IV di kelas saya kurang bersemangat dalam pembelajaran menulis. Mereka kesulitan menuangkan ide-idenya dalam bentuk tulisan. Untuk mengatasi hal tersebut, saya menggunakan metode catatan harian siswa (CAHASI). Tujuannya agar siswa lebih tertarik, senang, bersemangat dalam kegiatan pembelajaran menulis berdasarkan pengalaman mereka setiap hari.

Untuk mengawali kegiatan pembelajaran ini, saya terlebih dahulu menjelaskan dan memberi contoh cara menulis catatan harian. Siswa bisa menuliskan apa saja mengenai kegiatan hari itu; misalnya mulai dari bangun pagi sampai menjelang tidur malam, mulai dari mandi, sikat giri, membantu menyapu rumah, berangkat ke sekolah dan seterusnya. 

CAHASI (Catatan Harian Siswa): Cara Efektif Tingkatkan Kemampuan Menulis Siswa

Setelah penjelasan, saya menugaskan setiap siswa menulis sendiri kegiatannya. Awalnya mereka membuat judul. Judul tersebut akan menjadi acuan untuk tulisan yang akan disusun siswa selama satu minggu. Tiap harinya selama satu minggu, mereka harus menulis sesuatu yang berbeda dari hari sebelumnya. Dari catatan harian selama satu minggu tersebut, setiap siswa merangkai tulisan menjadi satu tulisan tersendiri. Untuk memastikan bahwa setiap siswa menulis dengan baik berdasarkan kaidah penulisan, saya mendampingi setiap siswa khususnya memperkenalkan kata sambung, menghilangkan kata-kata berulang dan sebagainya. Pada awal program ini diadakan, beberapa siswa kelas IV telah mampu menulis 2-3 halaman dari kumpulan catatan hariannya selama satu minggu.

Saya menghindari mengoreksi tulisan siswa yang kurang tepat, karena dapat menyurutkan semangat dan motivasi siswa dalam menulis. Tujuan saya yang terpenting adalah memotivasi siswa menulis. Setiap siswa mempresetasekan tulisannya berdasarkan pengalamannya selama satu minggu, kemudian ditanggapi oleh siswa lain. Guru memberikan reward bagi siswa yang berhasil menyelesaikan tulisannya dengan baik sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Rewardnya pun tidak susah, dengan memberikan tanda bintang disematkan di saku siswa di hadapan teman-temannya.

Kegiatan ini membuat siswa terbiasa menulis. Bahkan setelah beberapa kali diadakan, saat diminta menulis catatan harian untuk hari itu saja, beberapa siswa mampu menulis sampai dua halaman.  

Demikian informasi yang kami sampaikan yang kami lansir dari www.prioritaspendidikan.org . Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.metromilenia.com. Kami akan selalu memberikan berita terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang diperoleh dari berbagai sumber yang terpercaya. 

Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. Untuk info terbaru lainnya silakan kunjungi laman DISINI..!

Baca juga informasi terkait di bawah yang juga sangat menarik

0 Response to "CAHASI (Catatan Harian Siswa): Cara Efektif Dan Jitu Tingkatkan Kemampuan Menulis Siswa"

Post a Comment