SIAP – SIAP PEMERINTAH GODOK PROGRAM REDISTRIBUSI PNS

Assalamualaikum, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur mengungkapkan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pihaknya kini tengah menggodok kebijakan redistribusi aparatur sipil negara (ASN). 
Kebijakan tersebut berlaku bagi daerah yang belanja pegawainya mencapai 60 persen, ASN-nya akan dipindahtugaskan di daerah yang lebih membutuhkan.  "Ada beberapa daerah yang sudah berlebih pegawainya, belanja pegawainya di atas 60 persen. Nah jadi kita targetkan yang berlebih ini , kita usahakan me-redistribusi ke daerah lain," kata Asman di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (25/10/2016). 

Image result for pns

Namun, ia belum mau merinci berapa jumlah redistribusi ASN tersebut. Terlebih lagi kebijakan itu masih dalam pembicaraan. Asman pun mengakui, kebijakan ini akan berbenturan dengan otonomi daerah lantaran pegawai di suatu wilayah merupakan pegawai lokal yang melekat pada institusi daerahnya. Hal inilah yang tengah dicarikan jalan keluar agar para pegawai dimana pun tidak terikat dengan daerahnya.  
"Nanti ke depan pelan-pelan pegawai ini jadi perekat nasional, tidak ada lagi pegawai daerah ini, pegawai daerah ini. Jadi kalau dia berlebih di satu daerah, kita bisa memutasikan ke daerah lain," imbuhnya.  
"Seperti sekarang guru, kan ada SMK SMA yang sudah jadi kewenangan provinsi. Jadi guru itu sekarang sudah bisa dimutasi lintas kabupaten, jadi enggak di kabupaten itu doang," tukas Asman.   Asman juga menyebut akan disusun Peraturan Pemerintah (PP) sebagai payung hukum untuk kebijakan redistribusi ASN ini. 

Terima kasih telah mengunjungi laman kami semoga informasi yang diperoleh bermanfaat

0 Response to "SIAP – SIAP PEMERINTAH GODOK PROGRAM REDISTRIBUSI PNS"

Post a Comment