Salam Edukasi, Rumus Microsoft Excel merupakan komponen yang sangat penting dari aplikasi Microsoft Excel, seperti yang kita tahu bahwa Aplikasi Microsoft Excel ini adalah salah satu aplikasi Microsoft Office yang digunakan untuk mengolah angka/data
dalam hal ini Microsoft Excel memiliki rumus-rumus yang dapat digunakan untuk mengolah angka/data tersebut, seperti membuat laporan perhitungan laba/rugi, laporan stok barang, laporan nilai siswa dan lain-lain.
Rumus Microsoft Excel ini memiliki banyak keunggulan, selain mudah diterapkan, formula atau rumusMicrosoft Excel ini dapat bekerja secara otomatis,
misalkan kita ingin melakukan proses perhitungan yang begitu banyak, maka kita tidak perlu memasukkan rumus yang sama berulang kali
selain itu juga rumus ini menghemat waktu kita dalam bekerja, seandainya kita melakukan kesalahan dalam menginput data yang berupa angka maka kita tidak perlu mengulang kembali rumus yang kita operasikan, kita cukup mengedit datanya saja.
dibawah ini nanti akan saya jelaskan tentang tata cara penggunaan rumus Microsoft Excel, dalam website ini juga disediakan video tutorial tentang penggunaan rumus microsoft excel, sehingga anda akan benar benar memahami keunggulan dari rumus Microsoft Excel
Jadi Rumus Microsoft Excel ini sangat kompleks, saya akan jabarkan fungsi dasar dari rumus tersebut satu persatu sesuai dengan kategorinya, dengan memahami fungsi dasar dari rumus microsoft excel ini, maka anda akan mudah menerapkannya. adapun penjelasan rumus rumus dari microsoft excel yaitu sebagai berikut :
Penggunaan Rumus Microsoft Excel
perlu kita ingat bahwa setiap penggunaan rumus Microsoft Excel dimulai dengan tanda “=”
Rumus Operator Matematika dalam Microsoft Excel
Seperti yang kita tahu Microsoft Excel merupakan aplikasi yang sangat diunggulkan dalam mengolah data-data yang bersifat numerik, makanya tidak heran dalam Microsoft Excel juga terdapat rumus operator matematika atau biasa dikenal dengan rumus standar
Operator Matematika itu ada banyak, diantara yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pangkat dan persentase, untuk lebih jelasnya silahkan lihat tabel dibawah ini
penggunaan rumus Microsoft Excel dapat dilihat pada screenshot dibawah ini
pada gambar diatas terlihat contoh rumus Microsoft Excel untuk operator perkalian, rumus =C6*D6 diatas artinya data yang terdapat pada kolom C baris ke 6 dikalikan dengan data yang terdapat pada kolom D baris ke 6
Untuk melanjutkan mengisi kolom jumlah di bawahnya (kolom F7 dst), kita tidak perlu memasukkan rumus berulang kali pada kolom dibawahnya kita cukup memblok cell yang telah berisi rumus operator perkalian, arahkan kursor ke pojok kanan bawah cell/kolom.
Tunggu hingga kursor berubah menjadi ikon (+). Setelah itu, click dan tahan lalu drag/geser ke bawah. Dengan demikian, kita telah meng-copy rumus tadi dan telah disesuaikan perubahannya untuk kolom yang akan dikalikan lagi. Hasil akhirnya seperti berikut
Kategori Rumus Ms Excel beserta Fungsinya
Pada dasarnya rumus Ms Excel sangat beraneka ragam, jadi jika saya simpulkan secara garis besarrumus Microsoft Excel itu terbagi atas dua bagian yaitu rumus matematika dan rumus logika. untuk lebih jelasnya saya akan jelaskan satu persatu.
1. Rumus Matematika
Rumus matematika adalah rumus yang paling sering digunakan orang, istilah rumus ini biasa dikenal untuk untuk operasi penjumlahan (SUM), rata-rata (AVERAGE), nilai tertinggi (MAX), nilai terendah (MIN) dan banyak item (COUNT).
Penggunaan Rumus SUM
Rumus SUM digunakan untuk menghitung jumlah total, penerapan dari rumus SUM ini banyak sekali seperti menghitung total harga dari semua barang, menghitung total nilai raport siswa, menghitung total gaji dan lain-lain.
penggunaan rumus ini cukup sederhana, yaitu dapat dilakukan dengan cara =SUM(number1:number2) arti dari rumus tersebut adalah kita mentotalkan atau menjumalahkan dari number1 (kolom/cell awal) hingga number 2 (kolom/cell akhir)
contoh : SUM(A6:J15)
arti dari rumus tersebut adalah kita menjumlahkan dari kolom/cell A6 hingga kolom/cell J15, selanjutnya setelah kita tekan enter maka akan tampil total jumlah dari kolom/cell A6 hingga kolom/cell J15
Penggunaan Rumus AVERAGE
Rumus AVERAGE digunakan untuk menghitung rata-rata, seperti menghitung rata-rata nilai siswa, menghitung rata-rata pendapatan dalam 1 bulan dan lain-lain.
Penggunaan rumus untuk AVERAGE ini bisa dilakukan dengan cara =AVERAGE(number1:number2) arti dari rumus tersebut yaitu kita menghitung rata-rata dari number1 (kolom/cell awal) hingga number2 (kolom/cell akhir)
contoh : =AVERAGE(A6:J15)
Arti dari rumus tersebut adalah kita menghitung rata-rata dari kolom/cell A6 hingga kolom/cell J15, selanjutnya setelah kita tekan enter maka akan tampil rata-rata dari kolom/cell A6 hingga kolom/cell J15
Penggunaan Rumus MAX
Rumus MAX digunakan untuk menentukan nilai tertinggi dari kolom yang diblok, misalnya untuk menentukan nilai tertinggi dari keseluruhan siswa atau menentukan produk mana yang harganya paling mahal dari semua produk.
jika kita menentukan nilai tertinggi dengan cara manual tentu akan membutuhkan waktu yang lama karena kita harus melihat satu persatu kolomnya, selain itu cara manual juga rentan terjadinya kesalahan.
penggunaan rumus untuk MAX ini bisa dilakukan dengan cara =MAX(number1:number2) arti dari rumus tersebut yaitu kita menentukan nilai tertinggi dari number1 (kolom/cell awal) hingga number2 (kolom/cell akhir)
contoh : =MAX(A6:J15)
Arti dari rumus tersebut adalah kita menentukan nilai tertinggi dari kolom/cell A6 hingga kolom/cell J15, selanjutnya setelah kita tekan enter maka akan tampil nilai tertinggi dari kolom/cell A6 hingga kolom/cell J15
Penggunaan Rumus MIN
Rumus MIN digunakan untuk menentukan nilai terendah dari kolom yang diblok, seperti menentukan nilai terendah dari keseluruhan siswa, menentukan produk termurah dari semua produk, dan lain-lain.
penggunaan rumus untuk MIN ini bisa dilakukan dengan cara =MIN(number1:number2) arti dari rumus tersebut yaitu kita menentukan nilai terendah dari number1 (kolom/cell awal) hingga number2 (kolom/cell akhir)
contoh : =MIN(A6:J15)
Arti dari rumus tersebut adalah kita menentukan nilai terendah dari kolom/cell A6 hingga kolom/cell J15, selanjutnya setelah kita tekan enter maka akan tampil nilai terendah dari kolom/cell A6 hingga kolom/cell J15
Penggunaan Rumus COUNT
Rumus COUNT digunakan untuk menentukan banyak item dari kolom yang diblok, seperti menentukan banyak item dari produk yang dibeli, menghitung jumlah siswa yang lulus, dan lain-lain.
penggunaan rumus untuk COUNT ini bisa dilakukan dengan cara =COUNT(number1:number2) arti dari rumus tersebut yaitu kita menentukan banyak item dari number1 (kolom/cell awal) hingga number2 (kolom/cell akhir)
contoh : =COUNT(A6:J15)
Arti dari rumus tersebut adalah kita menentukan banyak item dari kolom/cell A6 hingga kolom/cell J15, selanjutnya setelah kita tekan enter maka akan tampil banyak item dari kolom/cell A6 hingga kolom/cell J15
2. Rumus Logika
Rumus Logika adalah rumus yang digunakan untuk menghasilkan aksi berdasarkan ketetapan dari suatu kondisi, contohnya dalam menentukan siswa yang lulus dan siswa yang tidak lulus dalam suatu kelas, siswa yang lulus dan tidak lulus ditentukan berdasarkan rentang nilai yang sudah ditentukan
jadi Rumus Logika itu terbagi menjadi 3 yaitu IF, And,OR. untuk lebih jelasnya saya akan coba jelaskan satu persatu dari ketiga rumus tersebut
Penggunaan Rumus IF
Sesuai dengan namanya rumus IF itu rumus logika yang memakai konsep Jika Maka yang mengacu pada kondisi dan aksi,misalkan jika kondisi nilainya bagus maka aksinya siswa itu lulus
cara menggunakan rumus IF ini dapat dilakukan dengan =IF(logical_test,value_if_true,value_if_false), agar anda tidak bingung saya akan langsung tunjukkan contohnya, silahkan perhatikan gambar dibawah ini
pada gambar diatas terlihat rumus if yang saya tandai dengan lingkaran merah, arti dari rumus tersebut adalah jika nilai pada kolom/cell H7 kurang dari atau sama dengan 55 maka siswa tersebut tidak lulus, dan jika sebaliknya maka siswa tersebut lulus
Penggunaan Rumus OR
Rumus OR Menghasilkan nilai benar (true) jika salah satu argumen atau logical test benar, contoh : =OR(logika1,logika2)
Penggunaan Rumus AND
Rumus AND Menghasilkan nilai benar (true) jika semua argumen benar. Contoh : =AND(logika1,logika2)
Ketiga rumus logika ini dapat kita gabungkan untuk memberi hasil analisa yang sesuai dengan apa yang kita inginkan, demikianlah penjelasan singkat tentang penggunaan rumus Microsoft Excel,
0 Response to " Rumus Microsoft Excel beserta contoh"
Post a Comment