CONTOH RPP MATEMATIKA SMA KELAS 10 SEMESTER 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           :            
Mata Pelajaran          :        Matematika
Kelas / Semester        :        X (Sepuluh) / Ganjil

Standar Kompetensi:      1.   Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma.

Kompetensi Dasar        : 1.1. Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma.  

Indikator                    : 1.    Menyederhanakan bentuk suatu bilangan berpangkat.
                                      2.    Mengubah bentuk pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif, dan sebaliknya.
                                      3.    Mengubah suatu bilangan ke bentuk notasi ilmiah, dan sebaliknya.
                                      4.    Mengidentifikasi apakah suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).
                                      5.    Melakukan operasi aljabar pada bentuk akar.
                                      6.    Merasionalkan penyebut pecahan yang berbentuk akar.
                                      7.    Mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat, dan sebaliknya.
                                      8.    Mengubah pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif.
                                      9.    Menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan pokok yang sama.
10.    Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi menge-nai bilangan berpang-kat (pangkat bulat  positif, negatif, dan nol), notasi Ilmiah, bilangan rasional, irrasional, atau bilangan bentuk akar, operasi aljabar pada bentuk akar, merasionalkan     penyebut pecahan bentuk akar, serta pangkat rasional.
                                     11.   Mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya.
                                     12.   Melakukan operasi aljabar pada bentuk logaritma.
                                     13.   Menentukan logaritma dan antilogaritma dari suatu bilangan dengan tabel yang bersesuaian (tabel logaritma atau tabel antilogaritma) atau kalkulator, serta menggunakan logaritma untuk perhitungan.
14.    Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai pengertian dan sifat - sifat logaritma, serta cara menentukan logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator.

Alokasi Waktu           : 18 jam pelajaran (9 pertemuan).

A.     Tujuan Pembelajaran
         a.   Peserta didik dapat menyederhanakan bentuk suatu bilangan berpangkat. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri);
         b.   Peserta didik dapat mengubah bentuk pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif, dan sebaliknya. (nilai yang ditanamkan: Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
         c.   Peserta didik dapat mengubah suatu bilangan ke bentuk notasi ilmiah, dan sebaliknya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,  Kreatif, Kerja keras);
         d.   Peserta didik dapat mengidentifikasi apakah suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau irrasional (bilangan bentuk akar). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif);
         e.   Peserta didik dapat melakukan operasi aljabar pada bentuk akar. (nilai yang ditanamkan: Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
         f.    Peserta didik dapat merasionalkan penyebut pecahan yang berbentuk akar. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Kreatif, Kerja keras);
         g.   Peserta didik dapat mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat, dan sebaliknya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri);
         h.   Peserta didik dapat mengubah pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif. (nilai yang ditanamkan: Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
         i.    Peserta didik dapat menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan pokok yang sama. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri);
         j.    Peserta didik dapat mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya. (nilai yang ditanamkan: Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
         k.   Peserta didik dapat melakukan operasi aljabar pada bentuk logaritma. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri);
         l.    Peserta didik dapat menentukan logaritma dan antilogaritma dari suatu bilangan dengan tabel yang bersesuaian (tabel logaritma atau tabel antilogaritma) atau kalkulator, serta menggunakan logaritma untuk perhitungan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Berorientasi tugas dan hasil, Percaya diri, Keorisinilan

B.     Materi Ajar
         a.   Sifat-sifat bilangan berpangkat dengan pangkat bulat positif, pangkat bulat negatif, dan nol.
         b.   Notasi ilmiah.
         c.   Bilangan rasional.
         d.   Bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).
         e.   Operasi aljabar pada bentuk akar.
         f.    Merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar.
         g.   Pangkat rasional:
-       Bilangan berbentuk  atau  untuk  dan himpunan bilangan asli.
-       Mengubah pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif.
-       Persamaan pangkat sederhana dengan bilangan pokok sama.
    h.   Pengertian logaritma.
    i.    Sifat-sifat logaritma (operasi aljabar logaritma).
    j.    Penentuan logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator.
    k.   Logaritma untuk perhitungan.

0 Response to "CONTOH RPP MATEMATIKA SMA KELAS 10 SEMESTER 1"

Post a Comment