8 Tips Jitu Agar Bisa Menguasai Kelas Ketika Mengajar Hari Pertama

Tips praktis menguasai kelas sebelum mengajar pada pertemuan pertama. Ini bocoran buat para guru - guru yang baru masuk lagi setelah dari hari Libur juga untuk dosen muda atau dosen tua yang masih merasa muda (kemampuan mengajarnya).

#1. Datanglah Lebih Dini atau Lebih Awal

Sebelum menemui mahasiswa kelas baru untuk pertama kalinya, ada baiknya anda amalkan trik sederhana ini. Datanglah pagi-pagi atau sedini mungkin ketika kelas tempat anda akan mengajar masih kosong. Kalau perlu lakukan jauh-jauh hari sebelum anda mulai mengajar.

Image result for mengajar dikelas

#2. Perhatikan Keadaan atau Suasana Ruangan Kelas

Berapapun kelas atau offering yang akan anda bina, tengok ruang kelas dan kondisi gedungnya. Bersihkah? Kotorkah? Lengkap dan canggihkah peralatannya? Ada proyektor LCD? Ada sound system? Ada pengeras suara? Suasana ruangan megah atau mengenaskan?

Kesan yang anda tangkap tidak akan jauh berbeda dengan apa yang dirasakan para mahasiswa yang merasa membayar mahal untuk kuliahnya. Maksud saya, sikap mereka di kelas anda mungkin sudah dipengaruhi atau dibentuk oleh kondisi fisik gedung dan ruang kelasnya.

Biarpun sampeyan hebat seperti Einstein, kalau ruang kelasnya kotor, kumuh dan mencitrakan kemiskinan, jangan harap bisa menciptakan forum akademik yang bergelimang kewibawaan.

#3. Lihat susunan / deretan kursi yang ada

Hitung berapa jumlahnya. Sempatkan membuat peta komposisi tempat duduk di kelas anda. Begitu mahasiswa masuk satu persatu, panggil nama mereka di buku absen, lalu di peta kursi tadi anda tandai di mana posisi duduk mereka. Dengan kata lain anda bisa tahu persis misalnya si Amir duduk di deretan belakang pada kursi nomor 7, si Anita duduk di baris tengah nomor sembilan.

#4. Hal yang mesti Dilakukan Ketika Hendak Bertanya atau Menyuruh Sesuatu

Kapan saja anda mau bertanya atau memberi perintah kepada seorang mahasiswa, anda bisa cek peta lokasi itu, menunjuk atau mendekati mereka sembari menyebut namanya. Efeknya akan terasa. Bisa jadi mereka heran atau takjub, bagaimana pada tatap muka pertama seorang dosen bisa tahu persis nama mereka.

Taktik ini lebih telak efeknya pada saat anda menegur oknum mahasiswa yang bikin kacau atau gaduh di kelas. Tunjuk hidungnya sambil menyebut namanya, saya jamin manusia itu pasti rontok nyalinya.

#5. Agar Mental Lebih Siap dan “Menang”

Banyak keuntungan bisa anda petik dengan hadir lebih awal sebelum majikan-majikan kita yang bernama mahasiswa itu berdatangan. Secara mental kita lebih siap dan menang. Kita sudah duluan menguasai atau menciptakan suasana di kelas. Lain ceritanya dengan dosen yang (selalu) datang terlambat. Kita datang saat ruangan sudah full-house, anak-anak itu gaduh dan mengobrol sendiri-sendiri… Dengan hadir lebih dini kita bisa mengamati satu persatu karakter dan tingkah polah mereka. Banyak pertanyaan yang bisa kita ajukan pada mereka.

#6. Kita bisa berbincang sejenak sebelum seluruh peserta tiba

Kedekatan yang tercipta dengan sejumlah mahasiswa yang datang awal sangat menguntungkan pengajar. Setidaknya kita bisa lebih menguasai atau mengendalikan mereka. Kita tahu siapa ketua kelasnya, siapa sekretarisnya, siapa saja mahasiswa yang punya karakter unik dan berpotensi mengacau suasana kelas kita.

#7. Arahkan Menurut Skenario yang Sudah Disusun

Kalau anda sudah nyaman dan merasa percaya diri di tengah-tengah mereka, terserah bagaimana anda mau mengarahkan skenario selanjutnya.

#8. Pertimbangkan Hal Lainnya Juga

Apapun motif dan alasan anda sebagai pengajar, pengenalan dan penguasaan medan mutlak perlu, disamping penguasaan materi dan strategi PBM. Good luck.

Demikian informasi yang kami sampaikan mengenai 8 Tips Jitu Agar Bisa Menguasai Kelas Ketika Mengajar Hari Pertama yang kami lansir dari www.rosediana.net  . Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.metromilenia.com. Kami akan selalu memberikan berita terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang diperoleh dari berbagai sumber yang terpercaya. 

Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. Untuk info terbaru lainnya silakan kunjungi laman DISINI..!

Mohon Dishare agar semua rekan - rekan kita tahu

Baca juga informasi terkait di bawah yang juga sangat menarik

0 Response to "8 Tips Jitu Agar Bisa Menguasai Kelas Ketika Mengajar Hari Pertama"

Post a Comment