PENTINGNYA MENANAMKAN 18 KARAKTER BANGSA PADA PESERTA DIDIK GUNA MENGHASILKAN GENERASI KEBANGSAAN BANGSA.



PENTINGNYA MENANAMKAN 18 KARAKTER BANGSA PADA PESERTA DIDIK GUNA MENGHASILKAN GENERASI KEBANGSAAN BANGSA.

Pada hakikatnya, pendidikan tidak sekedar bertujuan untuk membuat orang menjadi pintar, lebih dari itu, pendidikan juga memiliki misi untuk membuat orang menjadi baik.
Oleh karena itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI tengah menggalakan pendidikan budaya dan karakter bangsa yang bersumber pada nilai-nilai yang bersumber pada Agama, Pancasila, Budaya dan Tujuan Pendidikan Nasional.
Berdasarkan keempat sumber tersebut dirumuskan 18 nilai pengembangan budaya dan karakter bangsa yang menjadi dasar acuan atas mental dan sikap positif yang diharapkan tumbuh sebagai jiwa perilaku anak-anak bangsa.
Program Persemaian Nilai Budaya Sebagai Penguat Karakter Bangsa yang dilaksanakan oleh Direktorat Sejarah dan Nilai Budaya, Dirjen Kebudayaan, Kemendikbud RI merupakan upaya pengewajantahan misi Kemendikbud dalam menjadikan nilai budaya sebagai pondasi penguatan karakter bangsa melalui media menonton film.
1. Religius
2. Jujur
3. Toleransi
4. Disiplin
5. Kerja Keras
6. Kreatif
7. Mandiri
8. Demokratis
9. Rasa Ingin Tahu
10. Semangat Kebangsaan
11. Cinta Tanah Air
12. Menghargai Prestasi
13. Bersahabat/Komunikatif
14. Cinta Damai
15. Gemar Membaca
16. Peduli Lingkungan
17. Peduli Sosial
18. Tanggungjawab
Mari kita aplikasikan 18 karakter bangsa diatas dalam diri anak sejak dini melalui dunia pendidik, guru berperan penting dalam menanamkan  budaya dan karakter bangsa terhadap peserta didik demi menghasilkan generasi kebanggaan bangsa.

0 Response to "PENTINGNYA MENANAMKAN 18 KARAKTER BANGSA PADA PESERTA DIDIK GUNA MENGHASILKAN GENERASI KEBANGSAAN BANGSA. "

Post a Comment