TATA CARA PENGGUNAAN METODE PENGAJARAN TALKING STIK BERTUKAR PASANGAN DAN SNOWBALL THROWLING



TALKING STIK
Langkah – langkah :
1. Guru menyiapkan sebuah tongkat
2. Guru menyiapkan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi pada pegangganya/paketnya
3. Setelah selesai membaca buku dan mempelajarinya mempersilahkan siswa untuk menutup bukunya
4. Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru
5. Guru memberikan kesimpulan terhadap kegiatan tersebut yang berkaitan dengan materi pembahasan saat itu
6. Evaluasi untuk mengetahui ketercapain materi dan kesuksesan metode yang digunakan.
7. Penutup
BERTUKAR PASANGAN
Langkah – langkah :
1. Setiap siswa mendapat satu pasangan (guru biasa menunjukkan pasangan atau siswa menunjukkannya)
2. Guru memberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas dengan pasangannya
3. Setelah selesai pasangan bergabung dengan satu pasangan yang lain artinya pasangan di rooling
4. Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan masing – masing pasangan yang baru ini saling menanyakan dan mengkukuhkan jawaban mereka
5. Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan semula (sharing n charing)
SNOWBALL THROWLING
Langkah – langkah :
1. Guru menyampaikan materi yang akan disajikan
2. Guru membentuk kelompok – kelompok dan memanggil masing – masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi
3. Masing – masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing – masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya (ketua kelompok memaparkan tugas yang diterima dar guru untuk dikerjakan bersama anggota kelompknya)
4. Kemudian masing – masing siswa diberi satu lembar kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
5. Kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama lebih kurang 5 menit
6. Setelah siswa dapat satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas yang berbentuk bola tersebut secara bergantian
7. Masing-masing kelompok membuat kesimpulan yang selanjutnya nanti akan diperkuat dengan dari guru.
8. Evaluasi
9. Penutup

0 Response to "TATA CARA PENGGUNAAN METODE PENGAJARAN TALKING STIK BERTUKAR PASANGAN DAN SNOWBALL THROWLING"

Post a Comment