CARA MEMOTIVASI BUAH HATI AGAR SEMANGAT BERANGKAT SEKOLAH



CARA MEMOTIVASI BUAH HATI AGAR SEMANGAT BERANGKAT SEKOLAH

Sulit bangun, sulit mandi, dan enggan berangkat sekolah setiap pagi? Itu memang masalah umum pada anak yang harus Anda hadapi setiap hari. Kunci untuk mengatasinya, tumbuhkan sikap yang dapat menunjang buah hati semangat berangkat sekolah.
1. Enaknya berteman
Hal pertama yang harus diajarkan pada anak agar semangat berangkat ke sekolah tentu bukan mengenai pentingnya ilmu yang akan ia dapat, apalagi saat ia baru masuk tingkat Taman Kanak-Kanak. Ingatkan si kecil bagaimana serunya ia bermain bersama teman-temannya di sekolah, meluncur di perosotan, main ayunan, kejar-kejaran, bertukar cerita, dan hal lain yang paling menarik hatinya.
2. Belajar itu menarik
Masalahnya, tak semua anak paham pentingnya belajar demi masa depan. Maka di akhir pekan, ajak ia berlibur sambil belajar, misalnya ke kebun binatang, taman bermain yang banyak tanaman, atau museum yang menarik hatinya. Kemudian, berikan beberapa informasi seputar pengetahuan umum. Bisa juga Anda (mengiming-imingi) bahwa ia bisa membaca banyak informasi atau menulis surat pada idolanya jika ia bisa membaca dan menulis dengan baik. Setelah dia tertarik, sampaikan bahwa akan lebih banyak informasi menarik yang bisa ia dapat di sekolah.
3. Keliling sekolah
Saat akan memasuki sekolah baru, wajar jika ia akan merasa canggung dan sedikit takut. Buat rasa khawatirnya hilang dengan mengajak buah hati keliling sekolah dan bermain sebelum hari masuk sekolah pertama tiba. Jelaskan setiap benda atau area di sekolah yang dapat ia gunakan.
4. Sarapan spesial
Lupakan menu yang biasa Anda siapkan untuknya. Di hari pertama masuk sekolah, buat menu sarapan spesial yang sangat ia sukai namun tak pernah Anda buat. Misalnya, pancake, sandwich, atau corn flakes  kesukaannya. Ini juga bisa dilanjutkan dengan membawakan bekal berupa camilan serta makan siang istimewa agar kondisi hatinya senantiasa terjaga.
5. Antar dengan ceria
Saat mengantar si kecil ke sekolah, jaga agar ia tetap senang dan semangat. Misalnya dengan memutar lagu kesukaannya, mengajak berbincang seputar kejadian seru di sekolahnya, atau bagaimana ia bisa bermain dengan teman-temannya.
6. Peralatan sekolah
Jika ada anggaran, tak ada salahnya memberikan salah satu barang baru seperti tas, sepatu, atau tempat pensil. Ini bisa membuatnya semangat juga, lho, karena pada dasarnya anak akan suka mencoba atau menggunakan sesuatu yang baru.
7. Tanyakan pengalamannya.
Ketika di jemput pulang dari sekolah, biasakan untuk menanyakan buah hati anda tentang pengalaman atau ceriat-ceritanya selama di sekolah, dan jadilah pendengar yang baik buatnya agar dia merasa bangga dengan pengalamannya.
Demikian artikel sederhana ini, semoga bermanfaat buat ibu-ibu.......

0 Response to "CARA MEMOTIVASI BUAH HATI AGAR SEMANGAT BERANGKAT SEKOLAH"

Post a Comment